Mengenali Kebiasaan Buruk Ketika Membaca


kebiasaan buruk membacaJika anda seperti kebanyakan orang. Maka anda mungkin MEMILIKI, satu atau lebih KEBIASAAN BURUK ketika membaca. Yang dapat MEMPERLAMBAT kecepatan baca anda.

 

Untuk menjadi pembaca yang LEBIH BAIK. Berarti anda haruslah MENGATASI kebiasaan buruk tersebut. Sehingga MEMUDAHKAN jalan anda. Dalam menuju CARA BARU yang efektif untuk membaca.

 

Di bawah ini, meliputi beberapa kebiasaan buruk. Yang paling umum dalam membaca. Dan untuk MEMUDAHKAN anda melangkah berlatih. CATATLAH jenis kebiasaan buruk apa yang anda miliki.

 

Kebiasaan Buruk – Sub-vokalisasi

Masalah dalam sub-vokalisasi

Sub-vokalisasi adalah kebiasaan MENGUCAPKAN atau MENYUARAKAN setiap kata. Ketika kita sedang membaca setiap kata tersebut.

Baik kata itu terucap di mulut. Atau mungkin hanya tergerak di bibir saja. Maupun yang hanya ter-ngiang di kepala atau di dalam hati kita.

Hal ini juga DIKENAL dengan membaca sambil bersuara. Membaca sambil menggerakkan bibir. Dan juga membaca dalam hati.

 

membaca mulut komat kamit

 

Saat kita menyuarakan bacaan kita. Kita seolah “MENDENGARKAN” kata yang diucapkan dalam pikiran kita. Hal ini justru MEMBUTUHKAN waktu lebih banyak. Daripada yang DIPERLUKAN dalam membaca.

Karena pada dasarnya kita dapat MEMAHAMI kata lebih cepat. “TANPA MENYUARAKAN” apa yang kita baca.

 

Seperti penjelasan dalam artikel bagaimana kita bisa membaca cepat sebelumnya.  Bahwa hanya mata dan otaklah yang bekerja saat kita sedang membaca. Dan BUKAN yang lain.

 

Kenali! Ketika anda membaca tulisan ini. Apakah anda MENYUARAKAN bacaaan anda?

Jika YA! Catat kebiasaan yang mana? Apakah anda membaca  sambil bersuara. Atau membaca sambil menggerakkan bibir. Atau membaca dalam hati.

 

Kebiasaan Buruk – Membaca Kata-demi-kata

Masalah dalam membaca kata-per-kata

Membaca kata-per-kata tidak hanya MEMPERLAMBAT kecepatan baca kita. Namun juga membuat kita sering KEHILANGAN makna keseluruhan. Dari apa yang kita baca.

Karena, ketika kita berkonsentrasi pada kata-kata yang terpisah. Kita akan kehilangan HUBUNGAN dengan kata yang sebelumnya. Contoh, [rumah] [ makan], dengan[ rumah makan] adalah dua kata yang dapat MENIMBULKAN makna yang berbeda.

 

contoh membaca kata per kata
Orang yang membaca PER KATA, setiap kata dibaca sebagai satu unit yang berbeda. Namun orang yang membaca BANYAK KATA, kata-kata  di KELOMPOKKAN menjadi satu unit yang sama. Atau juga dikenal dengan membaca PER BLOK (fiksasi / chunking) kata.

Satu BLOK kata ini bisa terdapat dua kata, tiga kata atau satu kalimat. Atau bahkan satu halaman, yang dikenal dengan photo reading. Hal ini tergantung dari kemampuan jangkauan matanya. Yaitu, berapa banyak kata yang mampu dia tangkap sekali pandang.

 

Sehingga dari segi pemahaman. Orang yang membaca PER KATA. Tingkat PEMAHAMANNYA akan lebih rendah. Dari pada  orang yang membaca PER BLOK kata.

Dan membaca dengan per blok kata ini, tentu saja MENJADIKAN membaca menjadi lebih cepat. Dibandingkan dengan membaca kata-per-kata.

 

Perhatikan! Bagaimana MATA anda saat membaca tulisan ini? Apakah anda membaca kata-per-kata atau per blok kata.

Jika per blok kata! Berapa banyak kata, yang mampu anda tangkap?

 

Kebiasaan Buruk – Menggerakan kepala

Masalah dalam menggerakkan kepala

Orang yang membaca lambat cenderung ikut MENGGERAKKAN kepala saat membaca. Idealnya, membaca itu cukup dengan menggerakkan mata. Hal ini mungkin diakibatkan oleh bacaan yang TERLALU DEKAT dengan wajahnya.

membaca sambil menggerakkan kepala

 

Perhatikan! Bagaimana kepala anda, saat anda sedang membaca tulisan ini? Apakah anda MENGGERAKKAN kepala anda ketika membaca?

 

Kebiasaan Buruk – Regresi

Masalah dalam regresi

Regresi adalah MENGULANG-ULANG bahan bacaan yang tidak perlu.

 

Kadang-kadang ketika membaca. Orang memiliki kebiasaan membaca kembali BEBERAPA KATA, yang baru saja mereka baca. Atau bahkan mereka mungkin membaca kembali BEBERAPA KALIMAT sebelumnya.

Hal ini hanya untuk MEYAKINKAN mereka. Bahwa mereka telah membaca bagian itu dengan benar.

 

Ketika kita membaca dengan mengulang-ulang seperti ini. Maka kita tidak hanya memakan banyak waktu. Namun juga kita KEHILANGAN aliran dan struktur bacaan. Dan otomatis menurunkan PEMAHAMAN kita terhadap KESELURUHAN bahan bacaan.

 

Simaklah! Ketika anda membaca tulisan ini. Apakah anda cenderung MENGULANG-ULANG  bacaan anda?

Jika YA! Berikan alasan mengapa anda melakukannya?

 

 

PETUNJUK akan apa yang dapat anda lakukan untuk MENGATASINYA. Dapat anda lihat pada link berikutnya. Yaitu, menghilangkan kebiasaan buruk ketika membaca.

 

 

ornamen

 

 

Author :
Arief Budianto penulis Ebook : Panduan Dasar Speed Reading, Kunci Membuka Pintu Pemahaman Membaca, Skill Builder, The Power of Focus dan Panduan 3 Latihan Praktis Speed Reading / Membaca Cepat, adalah Pembuat 3 Tool Latihan Membaca Cepat (Versi Offline ). walaupun dia bukan lulusan IT bahkan Programmer.
Prinsipnya adalah Semua Ilmu jika sudah  TAU LOGIKANYA maka LEBIH MUDAH mendalaminya.
Karena bagi orang yang TAU itu MUDAH, namun bagi orang yang TIDAK TAU itu SULIT dan MEMBINGUNGKAN.

 

Tutorial Speed Reading / Membaca Cepat

 

3 Tool Latihan Speed Reading / Membaca Cepat

 

 

thumbnail
Title :
Mengenali Kebiasaan Buruk Ketika Membaca
Rating : 4.9 stars based on 7903 reviews

Dapatkan Info EKSKLUSIF!

DAFTARKAN email anda untuk Update Informasi Terbaru.
GRATIS!

Delivered by FeedBurner

Download Ebook Gratis Disini!

- Panduan Dasar Speed Reading (Pdf File 2.5 MB)
- Skill Builder (Pdf File 1 MB)

Panduan Speed Reading

Speed Reading Itu Mudah Dan Dipermudah. Jadi Mudahkanlah!

belajar

member

© Art's Lover Studio - Since April 2013. All Rights Reserved.

Powered by Wordpress and Belajar Cepat .Com created with Artisteer